Powered by Blogger.

Avenged Sevenfold-Dear God

Obat Kulit Gatal Alami

Obat kulit gatal yang umumnya banyak digunakan oleh masyarakat adalah obat dalam bentuk bubuk atau krim. Akan tetapi apabila Anda memiliki kulit yang sensitif, biasanya ada kemungkinan kulit Anda akan mengalami iritasi atau gangguan kulit lainnya apabila bahan obat tersebut tidak cocok dengan jenis kulit Anda. Maka dari itu tak jarang ada orang yang niatnya ingin mengobati gatal di kulit, tetapi justru gatalnya menjadi semakin parah karena obatnya tidak cocok. Solusi untuk hal ini adalah dengan memilih obat yang terbuat dari bahan-bahan alami. Pasalnya bahan-bahan yang berasal dari alam biasanya tidak berbahaya meskipun digunakan dalam jangka waktu cukup lama. Nah, pada artikel kali ini kami akan mencoba membagikan informasi kepada Anda mengenai beberapa jenis bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat kulit gatal berair ataupun kering.
Hasil gambar untuk obat gatal alergi

Obat Kulit Gatal Tradisional Akibat Alergi Atau Penyebab Lainnya

Penyebab gatal-gatal pada kulit ada banyak dan bervariasi, namun biasanya penyebab utama gatal pada kulit adalah karena bakteri-bakteri yang menumpuk di kulit. Maka dari itu tak heran jika orang yang kurang memperhatikan kebersihan tubuhnya akan lebih mudah terkena gatal-gatal. Bahkan jika disepelekan, gatal-gatal pada kulit bisa menjadi penyakit kulit yang lebih parah seperti dermatitis. Nah, selain bisa diakibatkan oleh bakteri, gatal-gatal pada kulit juga bisa terjadi karena alergi. Lalu kalau sudah terkena gatal-gatal, obat kulit gatal tradisional apa yang harus digunakan?
  1. Lemon dan Minyak Kelapa
Cara paling mudah untuk mengatasi gatal pada kulit adalah dengan jeruk lemon dan minyak kelapa (virgin coconut oil VCO). Caranya cukup sederhana, peras jeruk lemon, kemudian campurkan perasannya dengan minyak kelapa. Nah, cara mengobatinya adalah dengan mengoleskan campuran tersebut ke bagian kulit yang terasa gatal. Biarkan selama satu malam dan tunggu sampai gatal-gatal tersebut berkurang atau menghilang.
Hasil gambar untuk minyak kelapa dan lemon
  1. Kunyit
Obat kulit gatal tradisional berikutnya juga bisa Anda dapatkan dari dapur, yaitu kunyit. Bahan dapur yang satu ini sudah sejak lama dipercaya bisa mengatasi berbagai macam masalah pada kulit. Akan tetapi untuk pengobatan gatal-gatal, yang Anda butuhkan adalah kunyit yang sudah tua. Tumbuk kunyit tersebut dengan beberapa lembar daun sambiloto sampai halus. Jangan lupa mencuci kunyit dan daun sambilotonya terlebih dahulu sampai bersih untuk menghindari kemungkinan terjadinya iritas kulit lain. Kemudian baru Anda oleskan hasil tumbukannya pada bagian tubuh Anda yang gatal.
Hasil gambar untuk kunyit
  1. Lidah Buaya
Terkadang gatal yang muncul akibat alergi juga bisa sampai menimbulkan bentol-bentol yang berisi cairan, untuk gatal jenis ini Anda bisa mencoba menggunakan lidah buaya. Tanaman lidah buaya sudah lama terbukti mampu mengatasi banyak jenis penyakit kulit, baik untuk kulit gatal berair maupun kering. Potong daun lidah buaya, lalu oleskan cairan atau gelnya ke bagian kulit yang bermasalah. Anda dapat menyimpan sisa potongannya di freezer dan menggunakannya dikemudian hari, dapat disimpan selama satu minggu.
Hasil gambar untuk lidah buaya
  1. Tanah Liat
Mungkin ini agak aneh, ternyata tanah liat juga bisa dimanfaatkan menjadi obat kulit gatal tradisional. Tanah liat mampu mengatasi iritasi pada kulit dan juga rasa gatal, terutama rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan atau sengatan serangga. Tanah liat bekerja dengan cara menarik racun-racun yang ada pada kulit sehingga rasa sakit atau rasa gatal akan berkurang. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan tanah liat dengan air sehingga menjadi seperti selai kacang atau setengah lumpur lalu oleskan pada bagian yang gatal. Bisa juga menggunakan tanah liat dioleskan di kain kasa terlebih dahulu baru kemudian ditutupkan pada bagian yang gatal.
Hasil gambar untuk tanah liat
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Obat Kulit Gatal Alami"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top