Powered by Blogger.

Avenged Sevenfold-Dear God

Daun Yang Berkhasiat Sebagai Obat

Daun Yang Berkhasiat Obat adalah daun yang mampu dan berguna untuk menyembuhkan penyakit dengan cara tradisional. Daun-daun ini sudah dikenal para masyarakat kalangan luas di daerah indonesia. Namun sebagian besar para penduduk belum mengetahui kegunaan dan khasiat daun-daun yang tumbuh di daerah-daerah sekitar kita. Untuk mengetahui secara pasti, berikut ada beberapa Daun yang berkhasiat obat :

1. Daun Pepaya

Hasil gambar untuk daun pepaya

Tanaman pepaya tumbuh/terdapat diberbagai daerah ditanah air kita. Daun pepaya pada umumnya kita makan sebagai lalap atau di sayur. Adapaun kandungan zat yang terdapat pada daun pepaya, antara lain alkaloidakarpin, glukosida, karposida, sedikit damar, dan lazim proteolitik papain. Daun pepaya berkhasiat sebagai obat untuk menyembuhkan demam disentri dan perangsang semangat dengan dosis minimal 0,5 gram sampai 4 gram.

2. Daun Ketepeng

Hasil gambar untuk daun ketepeng

Tanaman ketepeng atau yang biasa disebut ketepeng cina, banyak pula tumbuh di tanah air kita, terutama dijawa maluku dan manado. Daun-daun ini mengandung zat penyamak dan zat pahit dengan khasiat untuk menyembuhkan sakit demam. Dosis yang biasa digunakan antara 200 mg – 500 mg.

3. Daun Jinten

Hasil gambar untuk daun jinten

Tanaman jinten tumbuh diberbagai tanah air kita. Daun jinten ini mempunyai banyak kandungan zatnya, yaitu minyak atsiri sekitar 0,2 %, karvokol, isoprovik-okresal, dan kalium sampai 6,4 %. Daun jinten berkhasiat untuk menyembuhkan sait batuk, mules dan sariawan. Dosisnya sekitar 3 gram – 6 gram.

4. Daun Kemuning

Hasil gambar untuk daun kemuning

Tanaman kemuning tumbuh diberbagai daerah, terutama di jawa tengah dan jawa timur. Daun kemuning mengandung zat-zat glukosa uwayin, minyak astiri, damar dan zat penyamak. Daun kemuning baik sekali untuk mengobati gonorrohoe dengan dosisnya tidak melebihi 2 gram – 5 gram.

5. Daun Kumis Kucing

Hasil gambar untuk daun kumis kucing

Tanaman ini tumbuh diberbagai daerah tanah air kita dan biasanya tumbuh ditempat yang agak basah. Dalam memanfaatkan daun kumis kucing biasanya dimanfaatkan sewaktu sedang berbunga. Kandungan zatnya, yaitu minyak atsiri dan kalium (0,6 % - 3,5%) diperlukan sebagai bahan bakal obat untuk memperlancar keluarnya air seni/kencing dengan dosis 1 – 2 gram.

6. Daun Sirih
Hasil gambar untuk daun sirih

Daun sirih sudah secara tradisional digunakan oleh orang-orang tua kita. Daun ini biasanya tumbuh dipekarangan dan merambat. Daun sirih mengan dung minyak atsiri, klavikal, zat penyamak, gula, dan pati. Daun sirih dapat digunkan sebagai obat batuk, antiseptik, obat jamur dan juga bagus khasiatnya untuk cekok bagi ibu-ibu yang baru melahirkan dengan cara merendamnya di air panas.

7. Daun Arbel
Tanaman ini tumbuh banyak didaerah tanah air kita, terutama di daerah yang keadaanya sejuk. Pada umumnya orang mengenal buahnya saja, tetapi daunnya mempunya khasiat obat. Kandungan zat-zat pada daun ini antara lain: logam alkali, alkali tanah, garam, sitrat, molat, gula, dan pektin. Obat ini berkhasiat berbagai bahan bakal obat memperlancar atau memperbanyak keluarnya air seni.

8. Daun Randu

Hasil gambar untuk daun randu

Tanaman randu tumbuh luas dinegara kita. Sebagian besar orang hanya memperhatikan buahnya saja. Namun daun tanaman randu ini berkhasiat untuk obat. Daun randu mengandung zat hidrat arang, zat penyemak, dan damar yang pasif. Daun randu sangat baik untuk obat mencret dan obat kumur. Dosis yang umum digunakan adalah 2 – 10 gram.

9. Daun Salam

Hasil gambar untuk daun salam

Tanaman salam banyak tumbuh di berbagai daerah di tanah air kita. Penduduk disekitar kita pada umumnya mempergunakan daun salam sebagai bahan penyedap makanan. Zat yang terkandung didalam daun salam adalah minyak atsiri dan zat penyemak. Daun salam dapat juga digunakan sebagai bahan bakal obatastringensia dengan dosis yang umum antara 5 – 15 gram.

10. Daun Jambu Biji

Hasil gambar untuk daun jambu biji

Tanaman jambu biji banyak tumbuh didaerah-daerah tanah air kita. Penduduk kebanyakan mementingkan buahnya saja, tetapi daun-daunnya pun ternyata mempunyai khasiat obat yang baik. Daun-daun jambu biji berkandungan zat-zat penyemak, minyak atsiri berwarna kehijauan yang mengandung egenol, minyak lemak, damar, dan garam-garam mineral. Daun jambu biji berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit mencret danastringensia.

11. Daun Teh

Hasil gambar untuk daun teh

Tanaman teh sudah banyak dikenal oleh penduduk tanah air kita, terutama sebagai minuman. Kandungan zat pada daun teh adalah katein, tatin, dan sedikit minyak atsiri. Daun teh, disamping sebagai penyegar minuman juga berkhasiat sebagai obat autidotum pada keracunan oleh logam-logam berat dan alkaloida. Petiklah kuncup daun teh antara 2 – 3 helai daun dibawahnya. Gulunglah kemudian berikanlah kepada si penderita.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Daun Yang Berkhasiat Sebagai Obat"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top