Powered by Blogger.

Avenged Sevenfold-Dear God

Obat Mimisan Alami

Cara Mengobati Mimisan Terus-menerus Secara Alami

Banyak orang panik ketika melihat darah mengalir dari lubang hidung seseorang, yang sering disebut mimisan atau epistaksis. Kondisi ini disebabkan oleh selaput lendir di dalam hidung mengalami robek atau pecah, sehingga darah mengalir keluar. Mimisan dapat berhenti dengan sendirinya, ketika darah membeku. Namun biasanya terjadi secara berulang, karena dipicu oleh beberapa faktor. 


Penyebab Mimisan 


  • Mukosa hidung terluka
  • Membersihkan kerak/kotoran di hidung dengan menggunakan kuku, bisa menyebabkan luka pada mukosa hidung. Luka ini mengeluarkan darah melalui hidung.
  • Perubahan cuaca secara mendadak
  • Perubahan suhu udara yang ekstrim. Suhu terlalu dingin atau panas dapat menyebabkan selaput tipis di dalam hidung mengalami kekeringan dan pecah.
  • Benda asing yang masuk ke dalam hidung
  • Memasukkan sebuah benda ke dalam hidung dapat melukai selaput di rongga hidung, sehingga berakibat luka yang mengeluarkan darah.
  • Sengaja mengeluarkan ingus terlalu keras
  • Hidung menghirup bahan kimia seperti amonia, asam sulfat, atau penggunaan obat pelega hidung tersumbat dengan berlebihan.
  • Konsumsi obat yang mengandung ibuprofen dan asetosal.
  • Kelainan yang dialami oleh sebagian anak berusia di bawah 10 tahun.
  • Iritasi pada hidung akibat polusi udara, sehingga selaput lendir hidung mengalami lecet.
  • Benturan keras pada hidung.
  • Hidung mengalami peradangan dan infeksi yang mungkin disebabkan oleh hemofilia, leukimia, demam berdarah, hipertensi, sinusitis, influenza, atau tumor di hidung. [Terkait: Cara mengobati Selesma secara alami]


    Cara Mengatasi Mimisan secara alami

    Posisi duduk lebih condong ke depan
    Langkah awal untuk menangani mimisan adalah meletakkan pasien dalam posisi duduk dengan badan beserta kepala lebih maju ke depan. Jepit hidung pasien dengan dua jari tangan, biarkan ia bernafas lewat mulut selama sekitar 2 menit. Setelah darah berhenti mengalir, kompres hidungnya menggunakan es. Hal ini bertujuan untuk membekukan darah dengan cara memperkecil pembuluh darah (vasokonstriksi). Sedangkan posisi duduk tersebut bertujuan mencegah aliran darah ke kerongkongan dan lambung.

    Hentikan pendarahan menggunakan daun sirih
    Ambil sehelai daun sirih muda, kemudian diremas dan digulung membentuk kerucut. Sumbat hidung pasien dengan daun sirih, biarkan selama beberapa menit. Posisi wajah menghadap tengadah. Cara ini bertujuan agar pembuluh darah menyusut.

    Jika pendarahan pada hidung tetap berlanjut selama lebih dari sepuluh menit, segera bawa pasien ke dokter. Pendarahan yang berlanjut disertai panas kemungkinan adalah indikasi penyakit serius. Pertahankan posisi pasien dalam keadaan duduk bersandar. 


    6 Cara Mengobati Mimisan terus-menerus secara alami


    Selain menggunakan daun sirih, untuk mengobati mimisan dapat menggunakan bahan alami di bawah ini:

    1. Akar Teratai
    Sediakan 200 gram akar teratai, lalu ditumbuk sampai halus. Gunakan airnya sebagai obat tetes hidung, sebanyak 3 tetes air. Silahkan minum sisanya.

    2. Rambut Jagung
    Ambil 50 gram rambut jagung, kemudian rebus bersama 400 cc air. Biarkan airnya mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah itu, airnya disaring. Minumlah airnya selagi hangat.

    3. Akar Alang-Alang
    Sediakan 60 gram akar alang-alang, kemudian direbus bersama 400 cc air sampai mendidih. Biarkan airnya menyusut hingga setengahnya. Minum airnya selagi hangat.

    4. Pegagan
    Ambil 60 gram pegagan, kemudian direbus ke dalam 400 cc air. Biarkan airnya mendidih selama beberapa menit, sehingga tersisa setengahnya. Segera minum airnya selagi hangat.

    5. Kangkung segar
    Sediakan 25 gram kangkung segar dan air secukupnya, kemudian masukkan ke dalam blender. Jus kangkung dapat diminum secara teratur untuk mengatasi mimisan yang sering dialami.

    6. Kacang Tanah
    Siapkan 25 gram kulit kacang tanah, kemudian rebus bersama 400 cc air. Setelah airnya berkurang setengah dari semula, disaring. Minum airnya ketika hangat.

    Demikian cara mengatasi mimisan dan mengobatinya menggunakan bahan alami. Anda dapat memilih salah satu bahan yang mudah ditemukan, untuk mengobati dan mencegah mimisan.


    Bagikan :
    +
    Previous
    Next Post »
    0 Komentar untuk "Obat Mimisan Alami"

     
    Template By Kunci Dunia
    Back To Top